Senin, 26 November 2012

Persiapan UN 2013



Ujian Nasional (UN), kini menjadi momok bagi siswa dan orangtua, bahkan juga guru. Tidak sedikit siswa yang stress saat menghadapi UN. Mereka takut tidak lulus sekolah. Orangtua takut jika anaknya tidak lulus dan dicap koleganya sebagai anak yang bodoh. Guru takut siswanya tidak lulus, sehingga kompetensinya dipertanyakan. Akibatnya, siswa, orangtua, dan guru berusaha sekuat tenaga agar lulus UN. Siswa dan orangtua rela merogoh koceknya jika ada yang meminta uang untuk bocoran kunci jawaban. Guru rela menggadaikan kejujurannya dalam memberi nilai sekolah kepada anak didiknya (setelah kelulusan ditentukan nilai UN dan nilai sekolah).

 Menurut saya persiapan UN 2013, hal ini bukanlah sekedar tulisan kososng belaka. Setiap menjelang semester 2, guru dan siswa sama-sama mengalami tekanan mental yang luar biasa. Namun, sebenarnya kita tidak perlu khawatir berlebihan jika kita telah memiliki trik-trik jitu dan jujur untuk menghadapi UN 2013. berikut ini saya akan mencoba berbagi sedikit trik untuk para guru.

Ini lan tentang persiapan UN 2013
1. menela'ah kisi-kisi UN yang telah diterbitkan BSNP.
Setelah kisi-kisi diterbitkan oleh BSNP, guru hendaknya segera menela'ah  dan menyesuaikan metari dengan kisi-kisi soal.
berikut ini merupakan sekilah pandang mengenai kisi-kisi.
Kisi-kisi UN 2013 diterbitkan BSNP dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0019/P/BSNP/XI/2012 tentang Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013 tertanggal 20 November 2012. Kisi-kisi soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 ini disusun berdasarkan Standar  kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang tercantum pada peraturan Mendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi untuk pendidikan dasar dan menengah.

Kisi-kisi soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 diharapkan bisa dijadikan acuan dalam penyusunan soal ujian nasional pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013.
Berdasarkan peraturan BSNP tentang kisi-kisi UN 2012/2013 ini, kisi-kisi soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah berlaku selama tiga tahun.


2. Membuat varian soal berdasarkan kisi-kisi
setelah mencermati kisi-kisi per bidang studi, para guru hendaknya membuat variasi soal yang sesuai.
Contoh :
Kisi-kisi IPA no 1
"Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu"

Soal :
 Daun teratai yang lebar dan tipis berfungsi untuk ....
a. mengurangi penguapan
b. mempercepat penguapan
c. jalan masuk udara
d. memikat serangga

3. Penelaahan soal (Validasi Soal)
Setelah membuat varian soal, hendaknya soal yang telah dibuat ditelaah bersama KKG (Kelompok Kerja Guru). Tujuannya adalah agar soal yang akan diujikan kepada siswa dapat terstandarkan.
4. Uji Soal
Soal yang telah divalidasi oleh KKG diujikan kepada calon peserta UN. Harapannya siswa terbiasa dengan bentuk soal yang diperkirakan hampir sama bahkan bisa jadi akan sama persis.

5. Skoring dan analisis
Setelah dilakukan pengujian, sebaiknya guru segera   melakukan skoring dan analisis agar dapat diketahui peta kemampuan siswa. Bisa jadi pada uji varian soal pertama nilai siswa masih dibawah harapan. Namun pada varian soal berikutnya, insya Allah kemampuan siswa akan semakin meningkat.

Jika semua langkah-langkah di atas dilakukan dengan runtut, insya Allah siswa tidak lagi kaget menghadapu Ujian Nasional. Namun dibalik itu semua, semangat dan doa tidak boleh dilupakan. Guru dan siswa harus yakin dapat menyelesaikan UN dengan baik. Usaha dan doa harusnya berjalan beriringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar