Senin, 12 November 2012

Cara Atasi Dismenore

Atasi Nyeri Haid

Wanita mengalami rasa sakit haid setiap bulannya, mereka bingung mengatasi nyeri haid tersebut. Mengatasi nyeri haid dilakukan dengan minum ramuan jamu atasi nyeri haid, obat nyeri haid, dan yoga atasi nyeri haid. Latihan yoga dipercaya dapat menyembuhkan banyak hal. Salah satunya, mengatasi nyeri akibat haid. Bahkan ada beberapa posisi yoga yang diklaim bisa mengurangi sakit saat menstruasi.

Latihan yoga dipercaya dapat menyembuhkan banyak hal. Salah satunya, mengatasi nyeri akibat haid. Rasa sakit saat menstruasi terjadi karena otot-otot sekitar perut dan pelvic yang kejang. Nyeri ini biasanya terasa pada tiga hari pertama menstruasi. Ada beberapa posisi yoga yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ini dia.

1. Kapalabhati (Bersila)
Ini adalah posisi paling mudah dalam yoga. Posisi ini untuk melatih pernafasan, membersihkan paru-paru. Efek rileks akan terasa saat latihan posisi ini. Karena tubuh rileks, otot-otot yang kejang pun akan mengendur.

2. Dhanurasana (Posisi busur)
Posisi ini akan memperkuat otot punggung. Posisi ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung berlebih. Seringkali saat sedang menstruasi, perut akan kembung dan bergas. Dengan melakukan posisi Dharusana, masalah perut kembung dapat diatasi.

3. Pavanamuktasana
Gerakan ini secara harfiah berarti membuang angin. Sesuai dengan namanya, gerakan ini juga sering dipakai untuk mengatasi masalah pencernaan dan nyeri di sekitar perut. Oleh karena itu, pavanamuktasana ini sangat tepat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid.

4. Viparita Karani (sikap Lilin)
Berbaring dengan mengangkat pinggul hingga kaki lurus ke atas ternyata dapat mengatasi sakit kepala yang datang saat menstruasi. Gerakan ini bisa melancarkan peredaran darah hingga kepala, sehingga rasa nyeri dapat hilang.


Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar